Senin, 22 November 2010

Menu SEHAT

Menurut WHOSehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik
secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan


sehat adalahkeadaan dinamis yang berubah secara terus
menerus  sesuai dengan adaptasi individu terhadap berbagai perubahan pada lingkungan  
internal dan eksternalnya untuk mempertahankan keadaan fisik, 
emosional, inteletual, sosial, perkembangan, dan spiritual yang sehat (Purnama, Iwan)


SEHAT merupakan impian setiap manuasia dimuka bumi ini. Kalimat itu sangat sederhana, tapi sulit mewujudkannya, karena harus dari dalam diri kita sendiri untuk menyadari arti hidup sehat itu sendiri.

Dari kata SEHAT ada beberapa indikasi yang harus kita penuhi :
S : Seimbangkan Gizi
Memilih makanan yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam upaya menggemukan badan sebab makanan merupakan sumber zat gizi, vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menambah berat badan, seseorang harus memperbanyak konsumsi kalori.
nutrisi yang baik tidak selalu identik dengan mahal, tetapi komposisi gizi seimbanglah yang akan membantu anak-anak tumbuh dengan baik. Komposisi gizi seimbang ini meliputi karbohidrat, protein, lemak, serat, dan susu. Pemahaman yang masih keliru, adalah pandangan kaum ibu dalam hal pemberian susu. Susu begitu diyakini sebagai zat yang dapat membantu kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Padahal tidak demikian, pemberian susu dapat menjadi hal penting pada saat bayi belum mendapat makanan tambahan apa pun, kecuali ASI untuk anak.


E : Enyahkan Rokok
Masyarakat didesak untuk menghindari kebiasaan merokok serta menjauhkan diri mereka dari tekanan kejiwaan atau stres agar terhindar dari gangguan kesehatan berupa terganggunya peredaran atau sirkulasi darah mereka, karena kalau seseorang terbiasa merokok maka terbuka peluang orang itu terkena serangan jantung serta mengalami stroke.

H : Hindari Stress
Stress adalah rasa takut dan cemas dari perasaan dan  tubuh kita terhadap perubahan di lingkungan. Secara fisiologis, bila ada sesuatu yang mengancam, kelenjar pituitary otak mengirimkan "'alarm" dan hormon ke kelenjar endokrin, yang kemudian mengalirkan hormon adrenalin dan hidrokortison ke dalam darah. Hasilnya, tubuh menjadi siap untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan yang muncul. Secara alamiah yang kita rasakan adalah degup jantung yang berpacu lebih cepat, dan keringat dingin yang biasanya mengalir di tengkuk. Gejala-gejala stres mencakup mental, sosial dan fisik. Hal-hal ini meliputi kelelahan, kehilangan atau meningkatnya napsu makan, sakit kepala, sering menangis, sulit tidur dan tidur berlebihan.


A : Awasi Tekanan Darah
Tekanan darah terlalu tinggi (hipertensi), terlebih dalam waktu lama, merupakan kondisi serius yang dapat mengakibatkan banyak kerusakan, mulai dari serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan masalah kesehatan lain. Tekanan darah tinggi atau hipertensi berarti tekanan tinggi didalam arteri-arteri. Arteri-arteri adalah pembuluh-pembuluh yang mengangkut darah dari jantung yang memompa ke seluruh jaringan dan organ-organ tubuh. Tekanan darah tinggi bukan berarti tegangan emosi yang berlebihan, walaupun tegangan emosi dan stres dapat meningkatkan tekanan darah untuk semenatara. Tekanan darah normal adalah dibawah 120/80; tekanan darah tinggi adalah lebih dari  139/89 mmHg.


T : Teratur olahraga
Berolah raga supaya sehat. Anjuran-anjuran manfaat olahraga bagi kesehatan seperti itu tentulah pasti sudah sering kita dengar. Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani. Beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan kita :
  1. Meningkatkan kemampuan otak kita 
  2. Menunda proses penuaan
  3. Mengurangi Stress
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh kita
  5. meningkatkan rasa percaya diri
"Semoga dengan dari ilmu Sehat tersebut, hidup kita lebih SEHAT"








Referensi :
1. http://www.scribd.com/doc/8343666/Konsep-Sehat 2. http://kieky.my-place.us/index.php?option=com_content&task=view&id=13&Itemid=29
3. http://bataviase.co.id/node/281582
4.http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=168810
5. Lecture note dr. Bambang Jarwoko : Physical examination
6. http://selebriti.kapanlagi.com/indonesia/s/susan_bachtiar/video/enyahkan-rokok-dan-hindari-asapnya.html
7. http://mencarikerjaan.blogspot.com/2009/02/awasi-tekanan-darah-berkala.html
8. http://lupita777.wordpress.com/2008/02/03/15/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar