Rabu, 01 Desember 2010

Menu 9 : Interprofesional Education Di dalam kedokteran

Perbedaan Interprofesional Education dan Uniprofesional Education

Interpersonal Education (Pembelajaran Interpersonal) adalah Pelajar dari berbagai macam profesional ilmu belajar sebagai satu tim. Mereka bekerjasama menggabungkan dan memodifikasi dari perbedaaan setiap profesi ilmu yang ada.

sedangkan Uniprofesional Education adalah  Semua pelajar profesional ini ajar berasal dari profesional atau disiplin ilmu yang sama. Mereka adalah ahli dari suatu spesifik ilmu pengetahuan dan hanya mendalami tentang ilmu tersebut.

Sebelum berpartisipasi didalam Pembelajaran interprofesional ini, semua pelajar harus mempunyai basic pengetahuan dan skill berhubungan dengan professional mereka sendiri dan harus mengetahui prinsip dan konsep dari setiap konstribusi disiplin ilmu dan familiar dengan basic bahasa dan pola fikir dari bermacam disiplin ilmu tersebut.
  
Penerapan Interpersonal Education di Ilmu Kesehatan
Di dalam ilmu kesehatan, Interprofesional Education adalah suatu bentuk kerjasama antara pelajar/mahasiswa dari tenaga kesehatan profesional dan tenaga kerja kesehatan yang berhubungan lainnya saling bekerja sama tentang konsep kepedulian kesehatan dan ketentuan mengenai layanan kesehatan untuk meningkatkan efektivitas dan layanan dari kesehatan tersebut.

Beberapa element yang diperlukan untuk Medukung kelancaran Interprofesional Education tersebut :
1. Kolaborasi
Kolaborasi merupakan istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan suatu hubungan kerja sama yang dilakukan pihak tertentu. sekian banyak pengertian dikemukakan dengan sudut pandang beragam, namun didasari prinsip yang sama yaitu mengenai kebersamaan, kerjasama, berbagi tugas, kesetaraan dan tanggung jawab. Didalam pembelaaran interprofesional kesehatan, kolaborasi sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam ilmu kesehatan secara bersama sehingga mencapai satu tujuan.
2. Menghormati Komunikasi
Komunikasi adalah, proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. didalam pembelajaran interpersonal komunikasi berfungsi agar didalam pembelajaran tersebut terjalin hubungan saling membagi ilmu dan saling pengertian dalam tim tersebut
3. Penerapan ilmu dan skill
Pada pembelajaran interpersonal, setiap orang memiliki ilmu dan skill tergantung dari keahliannya. sehingga dalam hal ini smua harus menerapkan ilmu yang dimilikinya sehingga bisa saling melengkapi.
4. Pengalaman didalam interprofesonal skill
Pengalaman berperan penting didalam suatu kerja tim. Dengan adanya pengalaman akan memudahkan tenaga kerja tersebut menerapkan skillnya didalam tim tersebut, karna dengan pengalaman seseorang bisa belajar banyak dan menutupi kekurangan-kekurangan sebelumnya.

Referensi :
1. Lecture Note dr. Laksono : Interprofesional Edication
2. http://www.ipe.umn.edu/what/index.shtml
3. http://en.wikipedia.org/wiki/Interprofessional_education
4. http://www.docstoc.com/docs/6579452/KOLABORASI-DALAM-KEPERAWATAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar