Kamis, 09 Desember 2010

Menu 15 : Sosok Seorang Pemimpin dan Team work

Kata pemimpin erat hubungannya dengan "leadership". Kepemimpinan telah digambarkan sebagai suatu proses yang mempunyai pengaruh sosial dimana seorang pemimpin bekerjasama dengan anggotanya dalam menyelesaikan suatu tugas utuk mencapai satu tujuan.

Siapa yang memimpin dan siapa yang dipimpin, adalah simulasi kehidupan. Manusia tidak akan bisa menalar, kemana dia berjalan setiap waktu, dan siapa yang memimpinnya untuk melakukan hal itu. "Seseorang bisa memimpin banyak orang tetapi tidak bisa mengatur (kehidupan) banyak orang". Waktu dan perjalanan akan memimpin di barisan depan pengikutnya adalah perbuatan dan sikap. Disinilah dibutuhkan sosok seorang pemimpin supaya semua anggotanya bisa terakomodasi dan bisa bekerjasama disetiap kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak.

Ada 4 tipe seorang pemimpin :
1. Facilitative : - Kreatifitas tinggi
                          - Komitment dalam keputusan
    Seorang pemimpin yang memilikik tipe ini, lebih mengutamakan hubungan relationship sesama anggotanya daripada melakukan pekerjaan itu sendiri. Dengan kata lain pemimpin dengan tipe ini memberikan kepercayaan penuh kepada seluruh anggotanya untuk menyelesaikan semua tugas-tugas yang ada tanda ikut serta dari dirinya sendiri. Pada tipe ini sangat menjaga hubungan personalnya dengan para anggota, sehingga anggota tersebut merasa segan simpatis sama pemimpin tersebut.
2. Sistematic : -  Biasanya dipakai dalam suatu organisasi yang memiliki anggota banyak
                        - Terikat pada aturan dan proses
                        - Pribadi inetaksi tidak diperlukan
    Pemimpin yang memiliki tipe ini terikat didalam aturan dan harus memutuskan suatu keputusan dengan semua anggotanya berpedoman dari aturan tersebut. Tipe ini seimbang antara hubungan relationsip dengan tugas yang dilakukan secara langsung oleh pemimpin tersebut.
3. Interactive : - Memiliki anggota yang ahli
                       - Pelatihan yang real dalam rapat
                       - Suasana cepat berganti
  Tipe pemimpin ini dibutuhkan suatu organisasi yang memiliki masalah yang compleks. Tipe ini sangat mengutamakan/menjaga hubungan personalnya dengan para anggota, selain itu dia juga tipe pekerjakeras. Sehingga selain mempercayakan segala urusan kepada anggotanya tipe ini juga turun tangan langsung untuk menyelesaikan urusan tersebut.
4. Directive : - Dituntut tekanan waktu
                     - Krisis manajemen
                     - Hirarki struktur organisasi
  Pada tipe pemimpin seperti ini lebih mengutamakan menyelesaikan langsung urusan tersebut daripada memberi kesempatan kepada anggotanya untuk menyelesaikannya terlebih dahulu, karna pada tipe ini dia menganggap anggotanya tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan urusan tersebut, dam juga karena kurangnya hubungan interpersonal dengan anggotanya.

Team Work
Sekarang kita perbicara tentang team work, karna sosok seorang pemimpn sangat diperlukan dalam team work. team work disebut juga sutau bentuk kerja sama didalam tim, dan kata ini sangat populer dalam suatu manajemen organisasi. Didunia kesehatan teamwork juga sangat diperlukan, misalnya pada bencana alam, seorang dokter adalah sebagai leadernya dan waktu proses melahirkan yang menjadi leader dalam teamwork tersebut adalah seorang obsgyn.
Beberapa tipe dari teamwork :
1. Advice team : suatu tim yang bertugas untuk memperluas informasi yang merupakan keputusan dari seorang pemimpin
2. Production team : tim yang bertanggung jawab pada hari-hari kerja/ tanggung jawab langsung semua kegiatan yang ada pada tiap harinya (operations)
3. Project team : Tim yang bertugas untuk memecahkan suatu masalah dan menangani suatu issue pada periode tertentu
4. Action team : tim yang bertugas untuk menjalankan langsung aktiviti yang ada didalam organisasi tersebut

Referensi :
1. Lecture Note Mr. Aziz : Organization Communication and Skill of Communication
2. http://id.wikibooks.org/wiki/Pemimpin
3. Manual book block 4.2 : 2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar